Selasa, 06 Januari 2009

industri kimia


Mengubah gas alam menjadi bahan baku industri kimia sekaligus menghasilkan listrik

Menghasilkan gas sintetis -semacam campuran hidrogen dan karbon monoksida- adalah satu tahapan penting untuk mengubah gas alam ataupun biomassa menjadi bahan-bahan kimia seperti asam asetat, methanol, alkohol, isocyanat dan amonia, yang semuanya adalah bahan baku industri kimia. Tidak hanya itu, gas sintetis juga bisa dirubah menjadi bahan bakar diesel sintetis. Pada proses produksi gas sintetis konvensional, dibutuhkan katalis dan panas, yang berarti membutuhkan energi pula.

Bogdan Albrecht dari Daf Trucks N.V. dan rekan-rekannya memberikan masukan bahwa alternatif dari reaksi untuk menghasilkan panas dengan menggunakan uap dan oksigen murni untuk mengubah methane menjadi gas sintetis bisa jauh lebih efisien. Gas sintetis yang diproduksi akan keluar dari reaktor POX (partial oxidation) pada suhu dan tekanan tinggi serta bisa digunakan untuk memutar turbin guna menghasilkan listrik.

Para peneliti telah melakukan analisa berbagai macam pendekatan untuk menghasilkan gas sintetis. Metode konvensional menyerap banyak energi dibandingkan dengan yang dihasilkannya, tetapi menghasilkan sejumlah besar gas sintetis. Sedangkan pendekatan dengan menggunakan POX dan ATR (Autothermal Reforming) menyerap energi yang lebih sedikit, tetapi menghasilkan gas sintetis yang tidak jauh berbeda jumlahnya.

Tim tersebut juga menjelaskan bahwa desain prototip yang dibuatnya jauh lebih sederhana dibandingkan sistem turbin uap yang saat ini banyak digunakan untuk produksi gas sintetis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar